SEKTOR PERTAMBANGAN

Diposting oleh Lamongan Zone is The Best City

Pada sektor p ertambangan, Kabupaten Lamongan telah memulai babak baru dalam perkembangannya. Eksplorasi kekayaan alam perut bumi tersebut memberikan harapan yang besar bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Sumber minyak yang terdapat didesa Balongwangi Kecamatan Tikung, eksplorasinya dikerjakan perusahaan PT. JOP P-PEJ (Joint Operating Body PertaminaPetroChina East Java). Masyarakat sekitar eksplorasi suber minyak mendapatkan Community Of Development (Comdev) atau pengembangan masyarakat yang bentuk dan sasarannya dirundingkan agar dapat dirasakan manfaatnya secara baik dan tepat.
Tahap selanjutnya, pengeboran sumber minyak gondong II juga dilaksanakan. Demi kebaikan bersama dan mencegah hal yang tidak diinginkan, Pemkab Lamongan mengadakan sesialisasi dan menegaskan beberapa persyaratan kepada pihak pengelola sebelum dilakukan pengeboran.
Guna mendukung industri migas, Kabupaten Lamongan tidak hanya mengadakan eksplorasi. Dengan pula Penanaman Modal Asing (PMA), dibangun Lamongan Integrated Shorebase (LIS), yakni sebuah pangkalan perminyakan yang menyediakan sentra logistic terpadu bertaraf internasional. PT.Lamongan Integrated Shorebase terletak di Tanjung Pakis, Kecamatan Paciran. Sentra logistic ini akan melayani industri minyak dan gas dengan kondep One Stop Hypermarket. Yakni, semua kebutuhan industri migas akan berada dalam satu atap. LIS menyediakan seluruh penunjang fasilitas yang dibutuhkan industri migas dan industri jasa. Seperti kapal, pelabuhan, penyediaan gudang umum dan gudang bahan peledak, workshop, jaringan teknologi informasi dan telekomunikasi, vendor stoking program, bahan kimia drilling, air bersih dan pelayanan bea cukai karena LIS adalah Kawasan Pergudangan Berikat.
Meskipun pemerintah Propinsi Jawa Timur dan Kabupaten Lamongan adalah pemegang saham utama, tetapi pengelolaan PT. LIS, baik urusan manajemen maupun opersional diserahkan sepenuhnya kepada para profesional yang telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun.
Dengan dibangunnya LIS akan memiliki efek berganda yang berpotensi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti tumbuhnya took-toko, hotel, perkembangan perumahan serta aktivitas penunjang pertumbuhan perekonomian lainnya.


Sumber :http://www.lamongan.go.id/admin/photo_instansi/kantor_informasi_dan_komunikasi/POTENSI_KAB_LMG.htm


0 komentar:

Posting Komentar