SEKTOR PARIWISATA

Diposting oleh Lamongan Zone is The Best City


Pembangunan sektor kepariwisataan di Kabupaten Lamongan diarahkan pada peningkatan pariwisata menjadi sektor andalan yang mampu mengalahkan kegiatan ekanomi. Sehingga penyelenggaraan pembangunan di sektor inijuga memiliki manfaat bagi perkembangan sektor lain. Seperti berkembangnya lapangan kerja, peningkatan pendapatan masyarakat maupun peningkatan pendapatan daerah.
Pembangunan potensi kepariwisataan diupayakan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan dalam negeri maupun manca Negara.
Peningkatan dan pengembangan kepariwisataan juga dibarengi dengan pembangunan di sektor-sektor lain yang terkait dalam upaya mendukung danb menunjang usha kepariwisataan. Seperti, tersedianya hotel, sarana transportasi yang memadahi, jalur tempuh menuju objek wisata yang mudah dan reprensentatif untuk setiap kendaraan, tersedianya informasi maupun sarana publikasi yang cukup dan lain sebagainya.
Objek-objek wisata yang saat ini menjadi andalan Kabupaten Lamongan. Yakni, Wisata Bahari Lamongan (WBL) merupakan pengembangan dari objek wisata Tanjung Kodok, Gua Maharani, Makam dan Musim Sunan Drajat serta makam sunan sendang duwur.
Wisata Bahari lamongan (WBL) terletak di pesisir utara pulau jawa, tepatnya di Kecamatan Paciran, merupakan pembangunan objek wisata Tanjung Kodok dan Gua Maharani. Objek wisata kebanggaan Lamongan ini menempati areal seluas 17 hektar di lengkapi berbagai fasilitas yang siap memanjakan pengunjung dengan konsep One Stop Service.......
Wisata Bahari Lamongan (WBL) tampil dengan segala keunikan hasil perpaduan aspek alam, budaya, dan arsitektur. Mulai dari sarana bermain anak-anak, kolam renang air tawar, kolam renang air asin, arena ketangkasan, bioskop 3 D, panggung gembira, anjungan wali songo dan masih banyak lagi fasilitas lain di objek wisata yang bernuansa bahari ini.selain itu,di WBL juga terdapat tanjung kodok beach resort yang meliputi cottage, hotel, pondok penginapan pelajar dan function hail.
Goa maharani yang letaknya berdekatan dengan WBL merupakan obyek wisata yang menyajikan keindahan perut bumi. Menurut DR. Khoo, ahli pergoaan internasional dari yayasan Speleologi Bogor, Stalaktit dan Stalamit yang ada di goa maharani masih hidup dan akan terus tumbuh. Keindahannya dapat di sejajarkan dengan goa Altamira di Sponyol, Goa mamonth dan carelsbab di Amerika Serikat serta goa caranche di Prancis.
Wadok Gondang merupakan tempat wisata keluarga berparonama indah dan berudarah sejuk. Terletak di desa gondang lor dan Deket agung Kecamatan Sugio, sekitar 19 Km arah barat kota lamongan.
Selain sebagai tempat wisata,Waduk Gondang berfungsi sebagai sarana irigasi bagi persawahan dan pertambakan masyarakat lamongan. Di lokasi wisata ini tersedia sarana bermain anak- anak, perahu wisata dan kebun binatang mini yang di huni kera, rusa dan berbagai jenis burung.
Tidak jauh dari lokasi Waduk gondang terdapat tempat wisata religi makam Dewi Sekar dadu, Putri Blambangan, Istri kanjeng Maulana Iskhak. Putri yang oleh masyarakat sekitar juga di sebut Mbok Rondo Gondang ini adalah ibu dari Joko Samudro (Sunan Giri), Salah seorang dari wali songo yang makamnya ada di Bukit Giri, Gersik.
Objek wisata religi lainnya di kabupaten Lamongan, Diantarannya adalah Komplek makam Sunan Drajat terletak di Desa Drajat Kecamatan Paciran. Sunan Drajat adalah Putra dari Sunan Ampel yang mempunyai nama kecil Raden Qosim atau Syarifuddin.
Karena keberhasilannya dalam menyebarkan agama islam, Beliau kemudian di beri gelar Sunan Mayang Madu oleh Raden Patah pada tahun Saka 1442 atau 1520 Masehi.
Untuk menghormati jasa- jasa Sunan Drajat dan dalam upayah melestarikan benda- benda peninggalan bersejarah, Dilokasi tersebut didirikan Museum Sunan Drajat.
Komplek makam sunan sendang duwur terletak di Desa Sendang Duwur kecamatan Paciran. Sunan Sendang Duwur bernama asli Raden Nur Rahmad, putra Abdul Kohar Bin Malik Bin Sulton Abu Yazid yang berasal dari Baghdad (Irak).
Bangunan komplek Makam Sunan Sendang Duwur yang di kramatkan oleh penduduk sekitar tersebet berasitektur indah menggambarka n perpaduan antara kebudayaan Islam dan Hindu yang bernilai seni tinggi.


Sumber :http://www.lamongan.go.id/admin/photo_instansi/kantor_informasi_dan_komunikasi/POTENSI_KAB_LMG.htm

0 komentar:

Posting Komentar