SEKTOR INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Diposting oleh Lamongan Zone is The Best City


Pembangunan pada sektor informasi dan komunikasi serta optimalisasi fungsi media massa memiliki arti yang sangat penting dan statregis dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan pemahaman atas program-program pemerintah.

Peranan informasi dan komunikasi dalam pembangunan daerah diarahkan untuk membuka keterisolasian wacana masyarakat khususnya di perdesaan dan daerah yang jauh dari jangkauan informasi.

Sasaran operasional informasi dan komunikasi di Kabupaten Lamongan adalah terbentuknya maupun meningkatnya fungsi kelompok komunikasi masyarakat (KKM) di perdesaan. Dengan demikian, selektifitas serta penguasaan informasi oleh masyarakat diharapkan dapat meningkatkan peran sertanya dalam program pembangunan yang pada akhirnya bermanfaat bagi peningkatan teraf hidup maupun kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Kegiatan operasional informasi dan komunikasi kepada masyarakat dilakukan, antara lain: Kegiatan penyampaian informasi tatap muka melalui ceramah, diskusi, sarasehan dan anjang sana; Pemberdayaan kelompok komunikasi masyarakat (KKM); Kegiatan pembinaan pertunjukan rakyat dan pameran keliling; Siaran radio dengan program acara sandiwara radio dan dialog interaktif; Pemutaran flim dan siaran keliling; Penerbitan tabloid suara Lamongan, leaflet, aneka data dan potensi daerah, pelayanan informasi kepada masyarakat melalui penerbitan maupun media elektronik (internet) serta pelayanan informasi melalui pos-pos informasi yang tersebar di beberapa tempat yang strategis.

Berbagai kegiatan tersebut dilakukan atas koordinasi kantor informasi dan komunikasi Kabupaten Lamongan sesuai tugas pokok dan fungsi pelayanan informasi kepada masyarakat sekaligus sebagai media dua arah pemerintah dan masyarakat.

Mengenai kegiatan koordinasi bidang kehumasan dan media massa, pembutaan buku agenda, pers tour atau studi banding, pertemuan bupati dan muspida dengan pers, pemberitaan di media massa, pengklipingan Koran guna meningkatkan mutu pelayanan informasi, pelayanan informasi melalui RKPD Lamongan, pengadaan VCD pembangunan dan publikasi daerah serta pemanfaatan pers room untuk pemberitaan resmi pemerintah agr secara cepat dapat diketahui masyarakat. Dilakukan oleh Bagian Humas dan Protokol Sekertariat Kabupaten Lamongan.

Sumber :http://www.lamongan.go.id/admin/photo_instansi/kantor_informasi_dan_komunikasi/POTENSI_KAB_LMG.htm


0 komentar:

Posting Komentar