SEKTOR PERIKANAN

Diposting oleh Lamongan Zone is The Best City


Kabupaten Lamongan merupakan penghasil ikan terbesar di Jawa Timur.

Berbagai jenis hasil tangkapan nelayan Kabupaten Lamongan antara lain ikan laying, kuningan, tongkol, tengiri, kakap merah, rajungan, dorang, dan cumi-cumi. Pemasarannya meliputi daerah-daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Jakarta. Bahkan dengan pembangunan Cold Storage (instalasi pendinginan) di Paciran, pemasarannya bias menembus pasar ekspor Taiwan, China, Jepang, Negara-negara Eropa dan Amerika Serikat.

Di sektor perikanan darat, para petani tambak yang difasilitasi pemerintah Kabupaten Lamongan tergabung dalam Asosiasi Pembudidayaan Ikan Lamongan (ASPELA) telah berhasil meningkatkat harga jual ikan bandeng di Lamongan. Pada awal tahun 2004 ASPELA berhasil memberangkatkatkan ekspor perdananya ke Jepang sebanyak 2 (dua) kontainer atau 48 ton pada pada 29 April 2004 lalu. Dan saat ini setiap bulannya ASPELA mengekspor ke Jepang sebanyak 8 kontainer atau 192 ton dengan total nilai sebesar 1,5 Milyar.

Pada tahun 2005 lalu lahan sawah tambak yang tersebar di beberapa lokasi seluas 23.602 hektar, produksinya mencapai 23.216 ton lebih.

Sumber :http://www.lamongan.go.id/admin/photo_instansi/kantor_informasi_dan_komunikasi/POTENSI_KAB_LMG.htm


0 komentar:

Posting Komentar